Rabu, 03 Mei 2017

Contoh Kultum Tema "Larangan Buruk Sangka"

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Alhamdulillahirabbil'alamin, wabihi nasta'inu 'ala umuridunya waddin, wassolatu wassalamu'ala sayyina wal mursalin wa'ala alihi waashabihi ajma'in, amma ba'du.

Yang kami hormati,........................ beserta ............................. hairin sekalian yang berbahagia,
Pertama-tama marilah kita panjatkan puja danpuji syukur kehadirat Allah Swt, karena dengan rahmat-Nya kita bisa berkumpul ditempat ini.
Alhamdulillah kegiatan kultum selama ini bisa berjalan sebagaimana yang kita harapkan bersama.
Shalawat serta salam mudah-mudahan tetap terlimpahkan kepada baginda Nabi besar Muhammad SAW, karena dengan ajaran Islam kita bisa membedakan mana yang hak dan mana yang bathil.
Hadirin sekalian yang berbahagia.
pembicaraan mempunyai peran utama dalam pergaulan sehari-hari. Agar dalam pergaulan itu tidak menimbulkan sesuatu yang tidak baik, maka kita harus berhati-hati sebelum mengutarakan kata-kata. Karena dengan kata-kata itu, maka seseorang bisa mengerti apa yang kita bicarakan.

Pandai menjaga lisan dari perkataan dusta, maka rasa persaudaraan bisa berjalan dengan harmonis. Namun sebaliknya bila seseorang membiasakan berkata buruk terhadap orang lain, maka terjadilah percekcokan dalam hubungan kita sehari-hari. Untuk itu kita harus pandai pula menghindari kata-kata yang menimbulkan seburuk-buruk pembicaraan. Seperti halnya buruk sangka terhadap orang lain.
berkaitan hal tersebut hal ini Nabi SAW bersabda, yang artinya: Jangan kamu berburuk sangka, karena berburuk sangka itu ialah seduta-dustanya percakapan. (HR.Bukhari dan Muslim).

Hadirin sekailian yang berbahagia.
Dengan begitu, jeleknya perbuatan buruk sangka, maka kita harus berhati-hati. kawan emnjadi lawan, bila teman tersebut kita sangka melakukan hal-hal yang tidka baik, padahal dia orang baik-baik. Dan biasanya orang yang menaruh dendamkesumat itu melakukan buruk sangka terhadap orang lain adalah perbuatan yang sangat dibenci oleh Allah Swt.
Demikianlah sekilas yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan kita dijauhkan oleh Allah dari buruk sangka. Bilahi taufik wal hidayah, wassalamu'alaikum Wr.Wb,

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.
EmoticonEmoticon