Senin, 21 Agustus 2017

Cara Membujuk Anak Supaya Suka Makan Sayur

Cara Membujuk Anak Supaya Suka Makan Sayur - Orang tua mana yang tidak kesal ketika anaknya tidak suka makan sayur, padahal menurut dokter, mengkonsumsi sayur sangat bagus untuk perkembangan anak. Baik itu fisik maupun psikis. Tapi apalah daya, setiap anak memiliki kesukaan makanan sendiri-sendiri. Contohnya anak saya, susah banget kalau suruh makan sayur, berbagai cara sudah dilakukan oleh ibunya agar suka makan sayur. 
Akan tetapi, untuk kebaikan anak, kita sebagai orang tua tidak boleh kalah atau putus asa dengan keadaan seperti ini. Cobalah cara ini mungkin bisa membantu anak anda untuk sedikit demi sedikit menyukai sayur.
Seperti yang saya lansir dari laman www.jppn.com pada Senin,21 Agustus 2017.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Australia menunjukkan bahwa salah satu faktor si kecil mau makan sayuran adalah bermuara pada bagaimana makanan tersebut disajikan.
Peniliti di Pusat Deakin untuk Ilmu Sensory Advanced menguji teori mereka pada 72 anak di usia sekolah dasar.
Setiap anak diberi wortel kupas seberat 500g utuh dan wortel yang dipotong dadu.
Anak-anak diberi waktu 10 menit untuk makan wortel sebanyak yang mereka suka.

Ternyata wortel yang disajikan utuh lebih disukai anak-anak ketimbang yang dipotong dadu. Alasannya karena mereka lebih memilih untuk memakan seluruh sayuran lebih lama.
“Rata-rata mereka makan wortel sekitar delapan sampai 10 persen lebih banyak dari keseluruhan sayuran, daripada wortel yang potong dadu,” jelas Dr Gie Liem, dosen dari Deakin University.

Menurutnya orang tua juga akan jauh lebih mudah menyajikan sayuran ke kotak makan siang anak tanpa perlu memasaknya terlebih dahulu.
Temuan ini mendukung penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa lebih banyak banyak makanan di piring mereka, semakin banyak mereka ingin makan.
Dr Liem menambahkan secara potensial hasil ini dapat dijelaskan oleh unit-bias, di mana unit tertentu menciptakan norma konsumsi, yang memberi tahu konsumen berapa banyak yang harus mereka makan.
“Dalam kasus ini, anak-anak mengonsumsi satu wortel utuh yang menunjukkan bahwa begitu anak-anak mulai makan wortel secara keseluruhan, kemungkinan besar mereka akan menyelesaikannya.”
Dan tentunya trik sederhana ini juga bisa bisa mengurangi anak makan-makanan cepat saji.

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.
EmoticonEmoticon